Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Wednesday, 19 May 2010

KHASIAT MENTIMUN

Mentimun, timun, atau ketimun (Cucumis sativus L.; suku labu-labuan atau Cucurbitaceae) merupakan tumbuhan yang menghasilkan buah yang dapat dimakan. Buahnya biasanya dipanen ketika belum masak benar untuk dijadikan sayuran atau penyegar, tergantung jenisnya.

Mentimun dapat ditemukan di berbagai hidangan dari seluruh dunia dan memiliki kandungan air yang cukup banyak di dalamnya sehingga berfungsi menyejukkan. Potongan buah mentimun juga digunakan untuk membantu melembabkan wajah.

Habitus mentimun berupa herba lemah melata atau setengah merambat dan merupakan tanaman semusim: setelah berbunga dan berbuah tanaman mati. Perbungaannya berumah satu (monoecious) dengan tipe bunga jantan dan bunga hermafrodit (banci). Bunga pertama yang dihasilkan, biasanya pada usia 4-5 minggu, adalah bunga jantan. Bunga-bunga selanjutnya adalah bunga banci apabila pertumbuhannya baik. Satu tumbuhan dapat menghasilkan 20 buah, namun dalam budidaya biasanya jumlah buah dibatasi untuk menghasilkan ukuran buah yang baik.

Buah berwarna hijau ketika muda dengan larik-larik putih kekuningan. Semakin buah masak warna luar buah berubah menjadi hijau pucat sampai putih. Bentuk buah memanjang seperti torpedo. Daging buahnya perkembangan dari bagian mesokarp, berwarna kuning pucat sampai jingga terang. Buah dipanen ketika masih setengah masak dan biji belum masak fisiologi. Buah yang masak biasanya mengering dan biji dipanen, warnanya hitam.

Apakan anda pernah mendengar mengenai mentimun berbentu hati? atau mentimun berbentuk bintang? Nah, kali ini, Jepan benar-benar memiliki mentimun dengan bentuk unik ini. Bukan karena tidak sengaja, tapi memang beberapa wanita petani di Chiba, daerah pinggiran Tokyo memiliki ide menarik dan unik ini.



Mentimun Jepang (kyuri) ini ditumbuhkan dalam cetakan plastik yang dipasangkan ke dalam batang mentimun ini pada saat baru tumbuh. Sehingga hasilnya, mentimun yang mereka tumbuhkan akan dapat memiliki bentuk sesuai dengan cetakan yang mereka pasangkan pada tumbuhan mentimun mereka.



Ide mereka ini pun berbuah manis, harga satu buah mentimun unik ini jauh dari mentimun biasa. Mentimun unik ini banyak dipajang di supermarket-supermarket mewah di Jepang, dengan harga satu buah mentimun dijual di kisaran 300 yen (atau sekitar 25.000 Rupiah) per buah!


Tidak ada salahnya kita mencoba disini. Disamping berguna sebagai sayur, ternyata Mentimun juga memiliki beragam khasiat. Biji mentimun memiliki racun alkaloid jenis hipoxanti untuk mengobati anak-anak yang menderita cacingan.

Selain itu mentimun dapat digunakan untuk mengobati penyakit disentri. Kandungan yang terdapat pada mentimun antara lain 0.65% protein, 0.1% lemak dan karbohidrat sebanyak 2.2%, kalsium, zat besi, magnesium, fosforus, vitamin A, B1, B2, dan C.

Apabila anda menderita sakit pada tenggorokan yang menyebabkan sulit bicara (batuk) dapat dirawat dengan biji mentimun. Caranya sedikit biji mentimun dicampurkan dengan sedikit garam dan dikumur beberapa hari sekali. Pengobatan ini dipercaya dapat mengembalikan suara yang hilang akibat sakit tersebut.

Penyakit pening-pening yang berakibat menurunkan berat badan dapat diatasi dengan mengkonsumsi mentimun mentah atau yang telah dimasak. Selain itu, mentimun juga dapat mengobati penyakit disentri.

Selain mampu menurunkan demam, mencegah sariawan, menurunkan tekanan darah tinggi, tanaman merambat ini juga mampu membersihkan ginjal.

  1. tekanan darah tinggi – parut buah mentimun dan peras airnya kemudian diminum 2 – 3 kali sehari.
  2. sariawan – setiap hari makan buah ketimun sebanyak 9 buah lakukan secara rutin
  3. Membersihkan ginjal – parut buah mentimun dan peras airnya kemudian diminum sedikit demi sedikit sampai lambung terbiasa menerima cairan mentimun.
  4. Demam – parut mentimun dan letakan hasil parutan diatas perut
  5. Jerawat – cuci dan iris kecil kecil buah mentimun kemudian letakkan diatas jerawat.
Ada yang bisa tambahkan kegunaannya?


Dirangkum dari berbagai sumber.

27 komentar:

aura pelupa said...

Yang jelas seger!

nuansa pena said...

Jadi ingin rujakan!

rakhmad said...

Saya suka yang bentuk bintang

siroel said...

wah, ada timun love, nyari dimana ya?

Return to My Blogg said...

hmmm... mentimun juga ditambahkan di menu nasi goreng dan mi goreng. Nggak cuma itu, dibuat jus juga lumayan seger.... ingat rujakan nih sama temen-temen

Christopher Culler said...

Mentimun juga berguna untuk mengompres mata yang lelah dan menghilangkan kantong mata/lingkar hitam di mata lho..

darahbiroe said...

aku suka banget mentimun
wahhh alhmadulillah banyak manfaatnya yaw
:D

antokcupu said...

wah makasih yaw
jadi tambah suka ma mentimun hahha
:D

bundadontworry said...

wah, senangnya membaca ttg khasiat ketimun ini,
kebetulan memang bunda punya penyakit darah tinggi, jadi sering mengkonsumsi ketimun.
salam

BLOGGER-NDESO said...

Kalau aku enaknya buat rujakan

BLOGGER-NDESO said...

Kalau nda' juga lalapan saat goreng lele

nietha said...

taunya cuma bisa nurunin darah tinggi doank, makasih ya putri infonya

Albert said...

wah timun yang bentuk love dan bintang lucu sekali. menambah selera makan anak2 kecil nih

BlogCamp said...

Sekarang kayaknya ada mentimun madu yang manis sekali rasanya ya. Saya menemukannya di Monas kala itu.
Saya suka lalap dan rujak mentimun..hmm segar sekali.
Konon mentimun juga bagus untuk obat darah tinggi. Enaknya dibuat es serut atau jus mentimun ya nduk.
Terima kasih penjelesannya.
Salam hangat dari Pakde.

Annaura said...

Kakak pengetahuannya luas banget. Saya jadi tertarik untuk membuat tulisan2 seperi ini karena banyak manfaatnya.

Kak, link sudah saya pasang di blog ku.
Salam manis dari Batam

Sri Widayati said...

Hallow.. salam kenal...

all of news said...

mentimun memang bermanfaat

Elbakir said...

Ada yang berhasiat kekuatan sex sampai 50 jam

akbar said...

makasih infonya.

HIDUP SEORANG BLOGGER said...

ternyata kegunaan mentimun banyak banget ya

cubadak angek said...

yang suka mentimun banyak khasiatnya tuh
ayo mbat lagi mentimunnya

leader said...

In most cases, thomas sabo charms buildings insurance covers the sourcing cost of rebuilding or thomas sabo restoring your properties structure in a case where it is destroyed by an event paid for thomas sabo bracelets by your home insurance plan, whilst contents insurance protects the price of replacing specified things. cheap thomas sabo watches Families are often demanded to order home insurance as a general condition of obtaining their mortgage, thpmas sabo although, they may be under no obligation to buy it using their mortgage service provider.

Anonymous said...

mentimun di asam menjadi anti oksidan, setelah makan sate dan ikan bakar, sebaiknya makan mentimun

Web designer India said...

this is really nice one.

SEO Delhi said...

I got many information and some important tips with the help of this post. I would like to visit again.

Travel Umroh said...

buat jerawat bisa yah??
asiik nyoba aha dirumah ^^

intanps said...

posting yang bagus, dapat menambah wawasan saya. kalo ada waktu mampir yuk ke blog saya
http://hoshikanoshi.blog.stisitelkom.ac.id/
ditunggu ya ^^

Post a Comment

SAHABAT YANG BAIK SENANTIASA MEMBERIKAN KOMENTAR YANG BAIK PULA