Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Thursday, 6 May 2010

BAWANG MERAH YANG SERBA GUNA



Kita sudah sering melihat bawang merah dan putih di dapur kita, serta menganggapnya sebagai sekedar bumbu dapur “penggoyang lidah”. Tapi kita tidak mengetahui bahwa bukan hanya bermanfaat untuk menambah kelezatan masakan, mereka ternyata bumbu “super” yang berkhasiat untuk mengatasi berbagai macam penyakit, dari flu, sembelit, hipertensi, luka, masalah pencernaan, dan lain-lain.

Bawang merah (Allium cepa L.) termasuk kerabat Liliaceae. Sebutannya di Indonesia bermacam-macam, antara lain bawang abang mirah (Aceh), bawang abang (Palembang), bawang sirah (Minangkabau), bawang acar, bawang beureum (Sunda), bawang suluh (Lampung), brambang, dasun merah (Jawa), bhabang merah (Madura), jasun bang, jasun mirah (Bali), Lasuna Cella(Bugis), dan kalpeomeh (Timor).

Sosok tanamannya tumbuh berumpun. Tinggi herba semusim ini sekitar 40-60 sm. Daunnya pipih memanjang, berwarna putih kemerahan. Tangkai bunganya sewarna dengan tangkai daun. Buahnya berbentuk bulat, berwarna hijau. Akarnya serabut, tumbuh dangkal sehingga untuk memperoleh tanaman yang tumbuh dan berproduksi dengan baik, sebaiknya bawang merah ditanam di tanah yang gembur.

Umbinya yang digunakan sebagai bumbu dapur merupakan umbi lapis. Umbi ini mengandung minyak asiri, sikloaliin, metilaliin, dihidroaliin, kaemferol, kuersetin, dan floroglusin.

Pemanfaatan Bawang Merah untuk Pengobatan

1. Tekanan darah tinggi
Satu siung bawang merah dikupas dan dicuci bersih. Siung yang sudah bersih dimakan utuh atau dalam bentuk potongan. Selain itu, bawang merah tersebut juga dapat dimakan sebagai campuran acar mentimun.

2. Sembelit
Satu siung bawang merah dikupas dan dicuci bersih. Siung yang bersih dimakan utuh atau sebelumnya diaduk dalam minyak kacang. Hal ini diulangi beberapa hari sekali hingga penyakitnya sembuh.

3. Luka
Sebanyak satu siung bawang merah dibersihkan dan dicuci bersih. Kemudian siung yang sudah bersih dihancurkan dengan cara digerus. Hancuran bawang merah dibubuhkan atau ditempelkan ke bagian yang luka.

4. Bisul pada kulit
Satu siung bawang merah berukuran sedang dibersihkan dan dicuci. Kemudian, siung bawang merah digerus. Gerusan siung bawang merah itu dibubuhkan atau ditempelkan ke bisul.

5. Jamuran pada vagina (Trichomoniasis)
Satu siung bawang merah dibersihkan dan dihancurkan hingga lumat. Dengan bantuan kapas, cairan bawang merah dibubuhkan ke bagian yang sakit.

6. Penurun panas
Sekitar 20 gr umbi bawang merah dibersihkan, kemudian diparut. Hasil parutannya dicampurkan dengan minyak kelapa. Campuran tersebut dibalurkan ke ubun-ubun dan sekujur tubuh sambil dilakukan pemijatan.

7. Masuk angin
Umbi bawang merah dikupas, lalu dibelah, dan dikerokkan ke kulit badan. Selain itu, bawang merah dapat diremas dan dicampurkan ke minyak kelapa. Campuran itulah yang digunakan untuk kerokan. Bawang merah mentah yang seperti pada acar juga dipercaya mampu membantu mengatasi serangan masuk angin.

Anda ingin tanaman di halaman rumah Anda subur dan berbunga? Mudah sekali caranya. Kumpulkan sisa kupasan kulit bawang merah atau putih, dan rendam dalam air secukupnya selama satu malam. Esok harinya, siramkan air tersebut tanpa membuang kulit bawangnya ke tanaman. Lakukan terus secara rutin. Anda bisa melihat hasilnya.

Orang yang menderita sakit perut disarankan hanya memakan bawang merah dalam jumlah sedikit.


Dirangkum dari :
“Sayur dan Bumbu Dapur Berkhasiat Obat”, karya Fauziah Muhlisah dan Sapta Hening.

20 komentar:

nuansa pena said...

saya pernah baca bawang merah dibelah 2 ditaruh dipiring dan letakkan diruangan, maka mereka yang sering flu karena alergi akan berangsur-angsur sembuh! Untuk cepat taruh disemua ruangan yang ada! setelah 24 jam ganti bawang merahnya, karena virus terserap dalam bawang yang telah berubah warna. Oleh karena itu jangan makan bawang merah yang sudah terkelupas kulitnya lebih dari 1 hari!

nuances pen said...

Beberapa hari ini saya sering masuk angin! Ternyata kerokan dengan bawang merah, oke akan saya lakukan!

yudex said...

Emang vagina bisa jamuran yak? Expired donk?! Hhe~

siroel said...

thx sharenya mbak...

AISHALIFE-LINE said...

Nomer 3,4,5 saya baru dengar.Nice sharing sis.

Gema said...

soal bawang merah buat pupuk baru denger tuh, thanks yah infonya, patut di coba neh :)

asopusitemus said...

Hehe, makan sate ayam cocoknya pake bawang merah mentah. :D

SEO Series Tutorial said...

salam sahabat
makasih atas sharenya mbak
mbak sama bang iwan sama sama kualitas isinya tidak diragukan lagi
mampir balik ya

Anonymous said...

memang fungsi bawang sama seperti gabah untuk penyubur akar tanaman?atau sama seperti tembakau yang dapat dijadikan pestisida buat hama tanaman?thanks, salam - sihar ramses simatupang

tips beli rumah said...

banyak juga ya....manfaat bawang merah ini......baru tahu.....kalau aku gak salah yang banyak manfaat itu bawang putih....ternyata bawang merah juga banyak manfaat nya,,,,

Der Culler said...

Bisa juga untuk pereda demam pada anak dengan cara ditumbuk ditambah minyak kelapa/minyak kayu putih dan daun brambang.

BLOGGER-NDESO said...

Buat penyedap bakso n soto

Toko Bawang Merah said...

Halo kami pedagang Bawang Merah Brebes datang doong ke situs saya Http://www.PasarInduk-KramatJati.Blogspot.Com/, Http://www.Toko-BawangMerah.Blogspot.Com. Hubungi segera jangan ketinggalan 021.68833324, 081282093194, Samosir, simatupang

Toko Rempah -Rempah said...

Jual rempah-rempah; jahe gajah; jahe merah; Jahe emprit; temulawak; kunyit; Kencur; Harga grosir di Pasar induk Kramat Jati situs saya Http://www.PasarInduk-KramatJati.Blogspot.Com/, Http://www.Toko-jahemerah.Blogspot.Com. Hubungi segera jangan ketinggalan 08129791280, Samosir, Haji Toha

all of news said...

kata sandal jepit bisa juga untuk ngobati penyakit mata

HIDUP SEORANG BLOGGER said...

aku paling suka kalau digoreng dan dicampur mi instant pasti deh habis 3 piring nasi apalagi kalau campur telur wihh

cubadak angek said...

makasi infonya sob

PU3 said...

UGKEEEEEEEEEEE

web developer india said...

this is really good.. and nice post

SEO Delhi said...

I got many information and some important tips with the help of this post. I would like to visit again.

Post a Comment

SAHABAT YANG BAIK SENANTIASA MEMBERIKAN KOMENTAR YANG BAIK PULA