Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Wednesday, 14 May 2014

LAPORAN PRAKTIKUM REMOTE (MK JARINGAN INTERNET SEMESTER 4 PTIK UNM)

        A.  JUDUL
Judul praktikum ini adalah Remote, dengan sub bab judul sebagai berikut:
  1. Radmin (Remote Admin) 
  2.  elnet
  3. Putty 
  4. TeamViewer 

         B.  TUJUAN
Tujuan dari praktikum ini adalah sebagai berikut:
1.   Mampu mengkonfigurasi dengan cepat dan benar tools remote tersebut
2.   Mampu menggunakan tools-tools remote yang biasa digunakan di jaringan
3.   Mengetahui kelebihan dan kekurangan setiap tools yang ada
4.   Mengetahui mode operasional dari setiap tools remote
  
C.  DASAR TEORI
Remote login adalah salah satu layanan internet yang memungkinkan seorang pengguna internet untuk mengakses (login) ke sebuah remote host dalam lingkungan jaringan internet.dengan memanfaatkan remote login, seorang user dapat mengoperasikan sebuah host dari jarak jauh tanpa harus secara fisik berhadapan dengan host. Dari sana, user dapat melakukan pemeliharaan / maintenance, menjalankan sebuah program, atau bahkan menginstall program baru di remote host.
Penggunaan remote login umumnya digunakan oleh administrator dalam suatu jaringan. Dengan adanya layanan remote login, seorang administrator sistem jaringan dapat terus memegang kendali atas masing- masing komputer di dalam jaringan, tanpa harus mengaksesnya secara fisik. Layanan remote login juga memungkinkan seorang administrator menjaga stabilitas dan menyingkirkan bahaya dari luar di dalam suatu sistem jaringan. Software yang digunakan untuk remote adalah:
1.   Radmin
Remote Administration merupakan suatu metode pengendalian suatu sistem komputer secara remote atau dengan kata lain dari jarak yang jauh. Salah satu aplikasi remote yang terkenal hingga saat ini adalah Radmin yang saat tulisan ini dibuat telah mencapai versi 3.4 Radmin (Remote Administrator) adalah sebuah aplikasi remote control dan remote access yang memudahkan anda untuk meremote komputer secara real time seperti layaknya berhadapan dengan komputer menggunakan keyboard dan mouse komputer tersebut dan anda dapat mengaksesnya dari banyak tempat. Radmin memadukan banyak dukungan dari Windows Vista (32bit), file transfer, multi-user text dan voice chats, Windows security, Kerberos authentication, 256-bit AESencryption untuk seluruh data stream, telnet access, dukungan multiple monitor support dan teknologi unique Direct Screen Transfer.
Remote Administrator atau yang biasa disebut Radmin adalah sebuah software yang digunakan dalam jaringan untuk memantau, mengontrol, dan mengendalikan semua aktifitas dalam jaringan tersebut, sebenarnya Radmin bukanlah Tool untuk hacking tetapi menurut saya bisa juga dimanfaatkan dalam kegiatan hacking.
Karena fungsi Radmin dapat memantau, mengontrol dan mengendalikan aktifitas dalam jaringan, tentunya hal ini dapat memudahkan seorang Administrator dalam mengelola semua komputer dan jaringan yang ada.
Tidak hanya seorang Administrator, bahkan Pimpinan suatu perusahaan atau kantor dapat mengawasi semua aktifitas karyawan mereka dengan Software Radmin ini. Jika terdapat karyawan atau staff yang sedang bermain game atau bermain Facebook disaat jam kerja, maka sang Pimpinan dapat dengan mudah untuk mematikan atau menutupnya. Atau bahkan dapat memanfaatkan software ini untuk menguasai komputer lawan.
Radmin terdiri dari dua modul :
1.      Viewer module (Radmin Viewer) : Radmin Viewer perlu diinstal dalam computer local seperti komputer rumah atau notebook yang anda inginkan untuk mengakses komputer remote.
2.      Server module (Radmin Server) : Radmin Server perlu diinstal dalam remote computer seperti komputer kantor yang di inginkan untuk di akses dari komputer di tempat anda.

2.   Telnet
Telnet adalah aplikasi remote login Internet. Telnet digunakan untuk login ke komputer lain di Internet dan mengakses berbagai macam pelayanan umum, termasuk katalog perpustakaan dan berbagai macam database. Telnet memungkinkan pengguna untuk duduk didepan komputer yang terkoneksi ke internet dan mengakses komputer lain yang juga terkoneksi ke internet. Dengan kata lain koneksi dapat terjadi ke mesin lain di satu ruangan, satu kampus, bahkan setiap komputer di seluruh dunia. Setelah terkoneksi, input yang diberikan pada keyboard akan mengontrol langsung ke remote computer tadi. Akan dapat diakses pelayanan apapun yang disediakan oleh remote machine dan hasilnya ditampilkan pada terminal lokal. Dapat dijalankan session interaktif normal (login, eksekusi command), atau dapat diakses berbagai service seperti: melihat catalog dari sebuah perpustakaan, akses ke teks dari USA today, dan masih banyak lagi service yang disediakan oleh masing-masing host pada di network.
Telnet menggunakan 2 program, yang satu adalah client (telnet) dan server (telnetd). Yang terjadi adalah ada dua program yang berjalan, yaitu software client yang dijalankan pada komputer yang meminta pelayanan tersebut dan software server yang dijalankan oleh computer yang menghasilkan pelayanan tadi.

3.   Putty
          Putty adalah aplikasi gratis dan aplikasi open source terminal emulator yang dapat bertindak sebagai klien untuk rlogin SSH, Telnet, dan protokol TCP.  Aplikasi Putty awalnya ditulis untuk Microsoft Windows, tetapi telah berkembang ke berbagai sistem operasi lain. Aplikasi Putty gratis ini dibangun pada awal tahun 1999, dan telah digunakan menjadi klien SSH-2 sejak Oktober 2000.
Fungsi aplikasi Putty adalah anda menjalankan Putty pada OS Windows, dan dapat digunakan untuk menyambung ke (misalnya) mesin Unix. Aplikasi Putty membuka Window. Lalu, apa saja yang diketik dalam jendela yang dikirim langsung ke mesin Unix, dan segala sesuatu respon dari OS Unix akan dikirim kembali ditampilkan di jendela anda. Sehingga Anda dapat bekerja pada mesin Unix seolah-olah anda sedang berada di console.

4.   TeamViewer
TeamViewer adalah suatu program yang cukup sederhana dan sangat mudah digunakan untuk beberapa keperluan terutama melakukan akses PC secara remote melalui internet.
Biasanya software ini digunakan untuk para pekerja di bagian IT .Yang sering digunakan hanya Remote Support (akses PC Klien melalui jalur internet), fitur/manfaat TeamViewer yang satu ini sangat membantu jika kita perlu mengakses PC yang jauh dari posisi kita, karena cukup terkoneksi internet dan mengetahui ID serta Password PC tersebut dalam hitungan detik kita sudah bisa akses PC itu secara remote seperti kita ada di depan PC tersebut secara langsung. Kelebihan lain dari TeamViewer adalah bisa mentransfer dari dari/ke PC yang diremote. Keunggulan lain dari software ini adalah bisa didownload langsung (gratis)
Syarat utama untuk dapat mengunakan TeamViewer adalah:
·      Install TeamViewer di kedua PC yang akan melakukan koneksi secara remote (versi sama)
·      Koneksi internet sudah tersambung
·      Masukan ID dan password PC yang akan di kendalikan. ID dan Password dapat menggunakan mode dynamic maupun ditentukan sendiri, tergantung kebutuhan

download laporan selengkapnya di sini

1 komentar:

Dwi anggreni safitri said...

Kak laporan jarnet yang judulnya wireless basic, Routing, Access point & Management user, firewall, cloud computing sama antena wajan bolic dan kaleng nya kak tolong diupload

Post a Comment

SAHABAT YANG BAIK SENANTIASA MEMBERIKAN KOMENTAR YANG BAIK PULA