Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Wednesday, 4 November 2009

KUPING GAJAH


Nama umum
Indonesia: Kuping gajah
Anthurium crystallinum

Klasifikasi
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Liliopsida (berkeping satu / monokotil)
Sub Kelas: Arecidae
Ordo: Arales
Famili: Araceae (suku talas-talasan)
Genus: Anthurium
Spesies: Anthurium crystallinum Lindl.

Kuping gajah merupakan sebutan lokal yang umum untuk menunjukkan anthurium jenis ini. corak daun terbentuk dari tulang-tulang daun yang umumnya berwarna lebih muda. perkembangbiakan sangat mudah karena biji sering berbuah dan matang. Selain itu stek batang dapat dilakukan dan tidak membutuhkan perawatan khusus, bahkan bisa dilakukan penanaman dalam media tanah biasa.

ANTHURIUM CRYSTALINUM

anthurium crystalinumanthurium crystallinumspesies kuping gajah jenis ini umum dan paling banyak dijumpai di indonesia sebagai tanaman penghias rumah. rumah dengan tanaman ini memberikan kesan klasik dan homey. pembiakan yang umum dilakukan adalah stek batang.

ANTHURIUM CLARINERVIUM

anthurium clarinerviumanthurium clarinerviummemiliki dimensi daun maksimal terkecil dibanding jenis lainnya dan pertumbuhan lambat. clarinervium unggul dalam ketebalan daunnya. corak terbentuk dari alur tulang daun yang berwarna keputihan dengan warna cenderung melebar keluar tulang daun. jadi perbandingan dengan dimensi daun, maka alur putih terlihat paling dominan. di belanda, ada sebuah perusahaan yang mengembangbiakkan anthurium ini secara besar-besaran.

ANTHURIUM ACE OF SPADES

anthurium ace of spades 1anthurium ace of spades 2pada pembelian pertama kali, ace of spades yang saya dapatkan adalah jenis kuping gajah dengan warna daun kehitaman. karena keunikannya inilah, maka kemudian saya berniat untuk membelinya lagi. tetapi yang saya terima di pembelian kedua ini tidak selegam sebelumnya dengan perkembangan dimensi daun yang cenderung lebih cepat. kemungkinan hal ini terjadi karena pembiakan dari biji, sehingga anakan tidak selalu identik dengan induknya.
untuk jenis daun yang berwarna kehitaman, dapat dijadikan sebagai bahan indukan persilangan sehingga diharapkan akan mewariskan sifat hitam dan coraknya [maunya sih....].

Ada jenis lain yang sahabat bisa tambahkan???




20 komentar:

yans'dalamjeda' said...

Baru tahu kalau ini namanya kuping gajah. Soalnya kuping gajah ditempatku tuch nama cemilan. hehe.
Post ini mengingatkan pelajaran IPA waktu sekolah. Agak asing sekarang, tapi tak seasing putri malu. hehe. salam sama..Bang Iwan. Papanya ya???

sibaho way said...

lha, kuping gajah itu termasuk ANTHURIUM juga tho... itu gambar paling atas, gede banget ya...

ateh75 said...

Hmm..aku kolektor kuping gajah mba,indah ..dan perawatannyapun tidak sulit...mba suka bunga ya ?

oh ya salam hormat untuk ayahanda ya...

ivan kavalera said...

Eksotik banget ya. Alam ini memang kaya. Artikel keren.

ivan kavalera said...

Eiitzz hampir lupa, gimana kabarnya pak Iwan? Soppeng masih krisis listrik? Iya nih, di Bulukumba juga gitu. Cuma bisa OL 2 jam perhari.

dPrince Of Smart said...

Thanx for join with us, Top Ranking Weblog Indonesia, Sign in to www.rankingkita.co.cc and put our banner agar webs anda terindex.. salam..
Apabila dalam 1 minggu banner tidak disisipkan, keanggotaan anda akan dihapus, acuhkan pesan ini apabila anda sdh menyisipkannya, trmksh.

Admin RWI.
dPrince Of Smart
www.bumikupijak.com

Seti@wan Dirgant@Ra said...

terima kasih untuk sahabat semua... Salam kembali dari saya.

Untuk Putri,.... diusahakan supaya sumber tulisan dicantumkan.

BrenciA KerenS said...

jeneis ini gampang banget tumbuhnya,..
saya sempet punya.. tapi kahirnya gosong kena panas matahari. hehehehe

Munir Ardi said...

walah besar banget tuh bunga ah takut

reni said...

DI tempatku juga namanya Kuping Gajah...
Gampang banget tumbuhnya, bahkan pengembangbiakannya juga mudah.

Bahauddin Amyasi said...

Jangan larang mencintai bunga, karena ia adalah nafas kehidupan...

Wah, ternyata wawasanmu luas banget kalau berbicara tentang bunga ya. Aku baru tahu kalau ternyata ada bunga bernama Kuping Gajah. dasar aku memang kuper kali ya. Hehe..

Salam akrab, Putri. Ditunggu kunjunganmu ke gubukku...

Amazing in the World said...

Wah , keren banget tuh, hbs jalan kesitu ya ? adanya daerah mana tuh ? jadi kelihatan kaya jaman dinosaurus...

Ahmadsyah said...

Wh kuping Gajah emang besar ya
lebih besar dari kuping gajah asli....

seuratnana said...

Wiiih keren, Kuping gajahnya gede banget. Eksotis. Lagi ngumpulin jenis tanaman hias punya 1 kuping gajah, tp ada 3 jenis lagi kayak kuping gajah tp namanya lom tau,info dong jenis sama gambarnya.

HIDUP SEORANG BLOGGER said...

bener-bener mirip kuping gajah ya

james said...

It is very important to store sterling pandora charms silver jewelry properly when it is not used. pandora charm The ideal place to store sterling silver jewelry is cool and away from sunlight. pandora charms uk Heat and light will turn a silver jewelry yellow and cause it to tarnish quickly. pandora charms sale Even indoor light source like florescent lights or light bulbs turn the color of silver jewelry over time. If you expect not to wear a certain piece for a long time, new pandora charms put it in a air-tight bag and store it in a drawer. Make sure the silver jewelry is not plated with any other metal before using the silver-dip or the plating will be damaged.

web design india said...

this is really amazing.. u have a nice blog.

Anonymous said...

masih banyak jenislainnya sih, seperti tengkorakl,kemumu.talas gatal talas hija talas ungu ddll.

indo biotech said...

PUSAT SARANA BIOTEKNOLOGI AGRO

menyediakan Hormon 2,4D untuk keperluan penelitian, laboratorium, mandiri, perusahaan .. hub 081805185805 / 0341-343111 atau kunjungi kami di https://www TOKOPEDIA.com/indobiotech temukan juga berbagai kebutuhan anda lainnya seputar bioteknologi agro

indo biotech said...

PUSAT SARANA BIOTEKNOLOGI AGRO

menyediakan Hormon 2,4D untuk keperluan penelitian, laboratorium, mandiri, perusahaan .. hub 081805185805 / 0341-343111 atau kunjungi kami di https://www TOKOPEDIA.com/indobiotech temukan juga berbagai kebutuhan anda lainnya seputar bioteknologi agro

Post a Comment

SAHABAT YANG BAIK SENANTIASA MEMBERIKAN KOMENTAR YANG BAIK PULA