Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Tuesday, 20 October 2009

KHASIAT BUNGA MELATI

Apalah dayaku menghadapi semua ini
Bila sebenarnya aku tahu kau akan pergi
Air mataku tak dapat mengungkapkan lagi
Semua yang ada di dalam perasaanku
Kebahagian dan kesedihan ini
Datang di saat yang sama
Menghantam diriku
Remukkan hatiku

Hancurnya hatiku melepas kau pergi
Dari hidupku dari sisiku
Untuk selama - lamanya...

Yang di atas adalah sebuah lirik yang pernah jadi inserted song di sinetron Melati Untuk Marvel dan Sinetron Cinderella.

Tapi berikut ini saya tidak akan membahas kedua sinetron itu,.... melainkan cuman Melatinya doang,...

Kebun mini seukuran 15 x 20 meter yang terletak dibelakang rumah hanya diisi oleh beberapa pot bonzai dan bunga melati, yang pada awalnya Bokap hanya peruntukkan sebagai sarana refreshing namun perkembangannya diluar dugaan , ternyata banyak juga yang berminat untuk membeli, terutama Bunga Melati.... sehingga Bokap terpaksa minta tolong tetangga yang namanya Pa’Mimin untuk membantu sebagai tukang kebun.

Melati merupakan tanaman bunga hias berupa perdu berbatang tegak yang hidup menahun. Di Indonesia, salah satu jenis melati dijadikan sebagai simbol nasional yaitu melati putih (Jasminum sambac) karena bunganya dikaitkan dengan berbagai tradisi dar banyak suku di negara ini. Jenis lain yang juga populer adalah melati gambir (J. officinale). Di Indonesia nama melati dikenal oleh masyarakat di seluruh wilayah Nusantara. Nama-nama daerah untuk melati adalah Menuh (Bali), Meulu cut atau Meulu China (Aceh), Menyuru (Banda), Melur (Gayo dan Batak Karo), Manduru (Menado), Mundu (Bima dan Sumbawa) dan Manyora (Timor), serta Malete (Madura).

Di Italia, melati casablanca (Jasminum officinalle), yang disebut Spanish Jasmine ditanam tahun 1692 untuk dijadikan parfum. Tahun 1665 di Inggris dibudidayakan melati putih (J. sambac) yang diperkenalkan oleh Duke Casimo de Medici. Dalam tahun 1919 ditemukan melati J. parkeri di kawasan India Barat Laut, Kemudian dibudidayakan di Inggris pada tahun 1923.

Perawatannya sangat mudah, cukup penyiraman secara rutin dan sinar matahari yang cukup, maka bunga ini sudah dapat tumbuh dengan subur.

Melati berbunga sepanjang tahun. Sari bunganya banyak dijadikan farfum/minyak wangi, sabun dan bedak. Dan karena keanggunannya maka sering digunakan sebagai kalung dan penghias sanggul pengantin. Bunganya yang putih bersih dengan aroma yang menawan, menjadikan melati sebagai bunga yang banyak disukai.

Melati yang berbunga harum, tidak hanya bisa dijadikan sebagai farfum dan hiasan. Melati dapat juga digunakan sebagai obat. Akar, daun dan bunganya banyak manfaatnya, Subhanallah.

Kegunaannya antara lain :

Akar melati dapat digunakan sebagai obat luka karena terpukul, sakit gigi dan sakit kepala. Cukup dengan melumatkan akar yang sudah dicuci lalu ditempelkan di tempat yang sakit. Insya Allah, dengan cara ini, luka akan cepat sembuh.

Daun dan Bunga melati dapat dijadikan obat radang mata, sesak nafas, bisul dan bengkak akibat gigitan serangga. Caranya, segenggam bunga melati direbus setelah dicuci. Airnya sebagian diminum dan sebagian dipakai untuk mencuci mata. Bila bengkak karena gigitan serangga, segera ambil bunga atau daun melati yang telah dicuci bersih lalu ditumbuk kemudian ditempelkan ke tempat yang bengkak tersebut. Insya Allah, bengkaknya akan mengecil.

Selain untuk obat, bunga melati juga dipakai sebagai campuran minum teh yang awalnya diperkenalkan oleh orang-orang China.

Bagaimana cara menanamnya? Sebaiknya ditanam pada musim hujan dengan mengambil batangnya yang sudah tua, dipotong dengan menggunakan pisau yang tajam, lalu ditanam di dalam pot atau tanah yang lembab dan cukup sinar matahari.

Banyak hikmah dan pembelajaran berharga dibalik kehidupan bunga melati. Melati yang mudah ditanam, mengajarkan kepada kita untuk senantiasa bersyukur kepada Allah dan berjiwa besar untuk siap hidup dimana saja. Bunganya yang harum mengajarkan kepada kita untuk senantiasa berprilaku yang baik dan berkata sopan. Sehingga, orang sekeliling akan menyukai kita, sebagaimana orang suka akan harumnya bunga melati. Khasiatnya sebagai obat, mengajarkan kepada kita, bahwa tidak cukup hanya dengan berbuat baik, tetapi kita harus berguna bagi masyarakat.

Subhanallah, banyak pelajaran yang dapat diperoleh dari melati.

19 komentar:

NanLimo said...

wah.. lengkap buanget nih.. tentang melati....
ada yg ilmiah juga suai utk rilik lagu... hehe.. salam akrab mbak.. dari Rantau Kuantan

aprillins said...

wah.. ini postnya semua tentang pohon2an dan bunga2an ya hohoh, ada tuh melati depan kosan berbunga ga diapa2in padahal.. cuma dibiarin doank.. jadi tumbuh banyak gitu..

ateh75 said...

Hmm..melati harummu semerbak ,mewangi tiada henti ,aku suka sekali dengan melati tapi bukan melati yang disinetron hehe

isti said...

Baru tau kalo melati banyak manfaatnya..thank ya..

Sang Cerpenis bercerita said...

saya suka bunga ini. wanginya hmm.tapi melati ada 2 lho. yg wangi dan yg tidak wangi.

pelangi anak said...

Wah detail sekali pengetahuannya Mbak, layak sebut sebagi dokter tanaman he..he..he...atau tree-surgeon kalau di Iggris ha..ha..ha...

Kalau melati yang gak bisa saya lupakan, warna dan wanginya Mbak, luar biasa harum dan indah!

BrenciA KerenS said...

saya sebenernya suka bunga ini, harum banget kalo mekar pagi2...

cuma masalahnya uletnya banyaak..., trus merembet ke bunga2 yang lain. Akhirnya ditebang deh...

tau manfaatnya baru sekarang, hehehe

Munir Ardi said...

hebat nigh pengetahuannya kayak udh jadi ahli botani mudahan-mudahan jadi orang besar nantinya

ducky said...

selain itu... melati itu adalah nama a.k.a ku kalo di internet.. jasmine maksutnya..

thanks ya udah nongol di blogku..

btw mba, blognya beratss bangett daah... tukerrrrrr linnkkkk yaaaaaaakkk yaaakkkk

Newsoul said...

Saya suka melati, dengan banyak alasan tentunya. Yang jelas melati itu menyejukkan, harumnya menenangkan. Ini postingan mantap tentang melati.

Rizky2009 said...

kebetulan nih depan rumah q ada bunga melatinya... sip dah infonya...

kalau sempat coment y d blog aq sekalian folow juga

secangkir teh dan sekerat roti said...

mama saya tanam dirumha, tiap senja di petik buat harum2 rumah.. parfum alami!

PUTRI MALU said...

Putih Indah berseri
Harum mekar mewangi
melati suntinan hati....

Seti@wan Dirgant@Ra said...

Ha...Ha.. si Putri nyanyi sendiri...

Nice posting.
Kayaknya yang paling seneng ama Melati, adalah Nyai Blorong yah Putri??

Bahauddin Amyasi said...

Melati harum mewangi. Ah.....

William Cheung said...

Iya aku juga suka bunga melati karena warnanya yang putih suci dan harumnya yang khas.

KiriAbis said...

waw melati ku aaada disini
terimakasih aku ijin print

web developer india said...

nice one.

Dewi TLL said...

Sangat bermanfaat bunga melati ini, ternyata selain baunya yang harus dapat juga untuk menyembuhkan banyak penyakit.

Post a Comment

SAHABAT YANG BAIK SENANTIASA MEMBERIKAN KOMENTAR YANG BAIK PULA